Saturday, June 8, 2019

Jenis-jenis Sejarah



1. Berdasarkan Objek atau Tema yang Dikaji
a.  Sejarah Politik
Sejarah politik merupakan sejarah yang digerakkan dan disebabkan oleh adanya berbagai hal yang berkaitan dengan masalah politik, factor politik dan kehidupan politik. Biasanya membahas tokoh-tokoh besar, perkembangan ketatanegaraan, kepemimpunan, struktur kekuasaan, sistem pemerintahan, peranan elite, jaringan politik, dan mobilisasi massa. Contoh sejarah politik yaitu Pemilu Indonesia tahun 1955, runtuhnya Orde baru.

b.  Sejarah Sosial
Sejarah sosial merupakan sejarah yang membahas mengenai masalah sosial yang muncul dan berkembang di masyarakat. Dibahas pula mengenai golongan masyarakat, kehidupan sehari-hari, dan gerakan sosial. Contoh sejarah sosial yaitu disertasi dari Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo yang berjudul “Pemberontakan Petani Banten 1888”.

c.  Sejarah Ekonomi
Sejarah ekonomi adalah sejarah yang memfokuskan kajian pada masalah-masalah ekonomi dan konsep-konsep ekonomi. Dapat juga diartikan sebagai studi mengenai kejadian-kejadian perekonomian di masa lampau. Contoh sejarah ekonomi yaitu system perpajakan di Indonesia masa orde lama, perkembangan tanaman ekspor dan perkebunan pada masa pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia.

d.  Sejarah Kebudayaan
Sejarah kebudayaan adalah sejarah mengenai kehidupan manusia yang berhubungan dengan kebudayaan. Hal yang dikaji berhubungan dengan benda-benda yang digunakan manusia, kegiatan upacara adat, gaya hidup, dan siklus kehidupan manusia.

e.  Sejarah Intelektual
Sejarah intelektual adalah sejarah yang mengkaji mengenai gagasan, ide, dan cara berpikir manusia pada masa lampau. Biasanya mengkaji tentang ideologi politik (seperti; kapitalisme, liberalisme, komunisme) ide, gagasan, jiwa, dan nilai-nilai yang ada pada masyarakat. Contohnya, pemikiran Hitler untuk mengembangkan gerakan NAZI di Jerman, pemikiran Karl Marx tentang komunisme di Uni Soviet.

f.      Sejarah Pendidikan
Sejarah pendidikan merupakan uraian tentang proses perkembangan pendidikan di suatu daerah. Secara umum pendidikan dibedakan atas tingkat dasar, menengah, dan  tinggi. Dari tingkat pendidikan setempat dapat diketahui sudah maju tidaknya masyarakat setempat.

g.  Sejarah Militer
Sejarah militer merupakan sejarah angkatan bersenjata dan perilaku perang. Hal-hal yang dibahas dalam sejarah militer misalnya strategi yang digunakan, kekuatan pasukan perang, dan senjata yang digunakan.

h.  Sejarah Keluarga
Sejarah keluarga secara umum merupakan pembahasan tentang silsilah keluarga. Biasanya yang menyimpan silsilah keluarga adalah keturunan dari para mantan elit penguasa, seperti raja, bangsawan, elit agama.

2.  Berdasarkan Cakupan Wilayah Pembahasan
a.  Sejarah Lokal
Merupakan sejarah yang mengungkapkan peristiwa yang terjadi di daerah tertentu dan dampaknya tidak menyebar ke daerah lain. Sejarah lokal meliputi berbagai peristiwa dalam berbagai aspek, baik politik, sosial, ekonomi, budaya, dan sebagainya yang berkembang di wilayah tertentu tanpa berakibat pada daerah lain.

b.  Sejarah Nasional
Merupakan sejarah yang mengungkapkan peristiwa yang terjadi di daerah tertentu dan berdampak/berpengaruh ke daerah lain, bahkan pada satu Negara. Sejarah nasional merupakan puncak dari sejarah-sejarah yang terjadi di tingkat lokal. Contohnya, peristiwa proklamasi kemerdekaan Indonesia 1945, dan peristiwa reformasi 1998.

c.  Sejarah Internasional (Dunia)
Merupakan peristiwa sejarah yang terjadi di suatu daerah atau negara tertentu dan berdampak/berpengaruh ke seluruh dunia. Contoh, perang dunia, dan revolusi industri.

No comments:

Post a Comment

Sapta Tirta : Berbagai Kekuatan Kegunaan & Keunikan

  Sejarah Perjuangan Leluhur Bangsa Obyèk wisata spiritual Sapta Tirta (7 macam air sendang) terdapat di desa Pablengan Kecamatan Matésih ...