MEMAYU
HAYUNING PRIBADI
Bagian
2 (no.9-17)
– 09 –
Digedhongana dikuncenana kayangapa, nanging wong iku yen
wis tinakdir tekan janjine utawa ajale, mangsa bakal wurunga. Iki maweh peling
marang kita, yen kita manungsa mono ing atase badan lan umure dhewe ora kuwasa.
Apamaneh sing mung wujud barang sampiran kayadene drajad, semat lan pangkat,
kaluhuran, kasugihan, lan kalungguhan. Mula saka iku aja kibir, jubriya lan aja
sok dumeh. Awit isih ana panguwasa liya (Gusti Allah) kang luwih kuwasa.
Terjemahan bebas :
(walau bagaimana pun) Cara bersembunyi nya, akan tetapi
setiap orang itu kalau sudah di kodratkan dan sudah datang nya “waktu” dari
kodrat tersebut (atau pun) ajal (waktu kematian), tidak akan dapat dihindari.
hal ini memberikan sebuah peringatan kepada kita (semua), kalau manusia itu
tidak mempunyai kuasa terhadap badan (pertumbuhan tubuh manusia) dan umur
(nyawa manusia). Apalagi yang berbentuk barang (diluar tubuh manusia) yang
hanya merupakan sebuah titipan contohnya seperti derajat, pangkat yang tinggi,
(penilaian orang lain terhadap) keluhuran (perbuatan kita), kekayaan/harta
benda, dan posisi penting (yang dia miliki). Oleh sebab itu janganlah takabur
(berpikir semuanya mampu dilakukan sendiri), sombong terhadap kemampuan yang
dimiliki dan memandang rendah orang lain yang tidak mengerti, Sebab masih ada
penguasa segalah hal ( Sang Semesta) yang lebih berkuasa terhadap hal apa pun.
– 10 –
Ngombe lan memangan yen tanpa taker lan tanpa pilih-pilih
iku pancen bisa nekakake bilahi. Mula nyandhet ubaling kepinginan ngombe lan
memangan kang kaya mangkono mau wis ateges sawijining pamarsudi nyegah
karusakaning jiwa lan raga. Wondene sranane kang prayoga yaiku pasa sing mengku
ancas pupur sadurunge benjut, nyingkiri sadurunge kesandhung bilahi.
Terjemahan bebas :
Mempercayai sebuah informasi jikalau tidak ditimbang dan
diteliti (terlebih dulu) pasti akan bisa menyebabkan bencana (diakibatkan
kesalahan pemahaman kita). Oleh sebab itu menahan diri untuk tidak gampang
terpikat pada sebuah informasi yang tidak jelas kebenarannya, sudah termasuk
cara dalam mencegah kesalahan kita dalam berpikir dan bertindak. Oleh sebab itu
gunakan lah cara yang baik untuk mendapatkan sebuah informasi (yang benar),
(cara tersebut adalah) menahan diri untuk tidak gampang mempercayai sebuah
informasi (ketika kita sendiri tidak bisa/mampu membuktikan nya), memperbanyak
informasi (wawasan yang lain) sebelum kita mempercayai informasi tersebut,
(melakukan perbuatan untuk) tidak mempercayai sebuah informasi ketika kita
mempertimbangkan dengan masak yang disertai alasan alasan yang jelas bahwa
informasi tersebut akan menjerumuskan kita kepada sebuah hal yang salah.
– 11 –
Kamulyan lan kanikmataning uripe wong-wong kang sugih
dituku mawa tangising rakyat kang mlarat.
Terjemahan bebas :
(ingatlah bahwa) Kemakmuran dan sebuah rasa nyaman (dan
kenikmatan) seperti yang dirasakan orang orang yang kaya tersebut (sebenarnya
adalah) di dapat dari memeras jerih payah rakyat yang buaaaanyak di bawah batas
ambang kemiskinan.
– 12 –
Kang kinaran janma kang wis kadunungan cipta kang wening
iku, yaiku sapa kang wis temen-temen mantep pangidhepe marang Gusti Kang
Murbeng Dumadi. Wong kang kaya mangkono mau samangsa nindakake pakarti apa ta
apa tansah linambaran ati kang sarwa tepa tulus, kabeh-kabeh amung akarana
Allah. Ora cilik ati, gedhene ngrasa owel ing kalane wohing panggawene mitunani
awake dhewe. Nanging bisa gawe raharjane sesamaning dumadi. Kosokbaline wong
kang nindakake pangibadah nanging isih ndarbeni pepinginan supaya diweruhana
lan digawokana dening liyan, iku pratandha yen pangidhep lan pangibadahe durung
akarana Allah.
Terjemahan bebas :
Yang disebut manusia yang sudah mendapatkan “kedewasaan
yang sejati”, yaitu adalah manusia yang benar benar (secara jasmani dan rohani)
menghadap pada jalan Ilahi (jalan kebenaran) (jalan kebahagian Abadi) (jalan
yang sudah di kodratkan oleh Tuhan yang Menciptakan segala hal). Manusia yang
seperti itu adalah adalah manusia yang mengerjakan segala dengan hati tulus,
kesemuanya (pekerjaan dan perilaku manusia tersebut) hanya karena kecintaan nya
kepada Sang Semesta/ Sang Pencipta Segala Hal/ Allah/ Tuhan. Tidak pernah
(merasa) berkecil hati, kalau pun (merasa) kecewa, hal itu disebab kan karena
perilaku dirinya sendiri yang dia anggap mengecewakan. (akan) Tetapi sebenarnya
hasil perbuatannya bisa membuat “perbaikan” (perubahan kearah yang baik) yang
bisa dirasakan oleh semua hal/bentuk sesama ciptaan Sang Maha Pencipta.
Kebalikannya (adalah) manusia yang menjalakan (memamerkan) segala perbuatan –
perbuatan baiknya disebabkan karena ingin dipuji/dihargai oleh orang lain, itu
adalah tanda bahwa manusia tersebut melakukan segala hal bukan kerena kecintaan
nya kepada Sang Maha Pemberi.
– 13 –
Pambudidayanira manembah marang Pangeran iku prayogane
aja sira anggo sarana ngalab tumuruning peparinge, nanging mligiya nindakake
panembah mung saka niyat manembah. Awit wong kang nyenyadhong sihing Pangeran
sarana laku panembah kathik banjur nyata kaleksanan panyuwune, ing adat wong
mau banjur dadi kethul kawaspadane marang kaluhuran lan keagungane Kang Murbeng
Dumadi. Aran isih begja yen ora banjur dadi wong jubriya seneng nyepelekake
marang sesamaning dumadi.
Terjemahan bebas :
Melakukan segala hal yang bersifat mendekatkan diri
kepada Sang Pencipta itu sebaiknya jangan “hanya” dipakai untuk supaya
keinginan mu terpenuhi/tercapai, tetapi (sebaiknya) lakukan lah hal tersebut
(mendekatkan diri kepada Sang Pencipta) hanya karena anda ingin merasa dekat
dengan Sang Pencipta. Sebab biasanya orang yang “hanya” meminta keinginan-nya
saja kepada Sang Pencipta dengan “jalan” meminta terus menerus (hanya
dikarenakan keuntungan pribadi), kemudian terkabul/terlaksana keinginan-nya,
biasanya orang tersebut menjadi meremehkan (menganggap gampang/menggampangkan)
segala hal tentang ketentuan dan kebikjaksana-an Sang Pencipta. (bisa) Disebut
masih (ber)untung (sebab cuman menganggap segala hal mudah) jika tidak orang
tersebut bukan cuman menganggap segala hal mudah akan tetapi malah terjerumus
pada sikap sombong senang meremehkan kepada segala hal ciptaan dari Sang
Pencipta.
– 14 –
Ana sawenehing wong kang duwe penganggep menawa nyenyuwun
sihing Allah iku ora ana gawene. Awit Gusti Allah iku adil lan Maha Wuninga
saengga ora bakal peparing marang wong kang ora pantes nampa ganjaran. Nanging
wong mau sajak lali yen Gusti Allah mono Maha Welas lan Maha Asih. Uga ana
sawenehing wong kang ora precaya marang anane Gusti Allah, presasat uga ora
pracaya marang anane dhewe dene nganti awake lair ana ing donya. Nanging yen
wong mau nandhang reribed lan nalare wis pantog, adate tuwuh osiking atine yen
Pangeran iku ana malah banjur disesuwuni.
Terjemahan bebas :
Ada sebagian komunitas (orang) yang mempunyai anggapan
bahwa meminta pertolongan Sang Pencipta Segala Hal itu tidak ada gunanya (tidak
ada manfaatnya). Disebabkan Sang Pencipta itu Maha Adil dan Maha Mengerti
sehingga tidak akan memberikan/mengabulkan “permintaan” manusia manusia yang
tidak pantas untuk diberikan/dikabulkan permohonan nya. Akan tetapi sepertinya
orang orang seperti itu sepertinya lupa kalau Sang Pencipta Segala Hal tersebut
Maha (ber)Belas dan Maha (peng)Asih. Ada juga sebagian komunitas (orang) yang
tidak percaya kepada adanya Sang Pencipta Segala Hal, (hal itu sama saja)
seperti tidak mempercayai kepada “perjalanan” dia sendiri sampai dia dilahirkan
kedalam alam fana ini. Akan tetapi biasanya orang orang seperti itu bila
terkena masalah dan pikirannya sudah buntu, biasanya malah tumbuh dari dalam
hatinya kalau “Sang Maha Penguasa Segala Hal” itu ada dan kemudian malah memohon
“sesuatu” kepada Nya.
– 15 –
Wong kang kulina ngeningake ciptane kang resik ing wayah
esuk, lawas-lawas banjur bisa ngeningake ciptane ing wayah bengi uga, lan
sangsaya lawas maneh bisa ngeningake cipta ing wayah apa bae lan ing ngendiya
bae. Nanging sabarang pratingkah iku bisa dadi pakulinan manawa katindakake
kanthi ajeg, sarana panglantih kang tumemen lan ora bosen. Klawan mangkono
sabarang kang maune rinasa rekasa lan abot, bakal sirna. Mangkono ora ana
bedane yen kita kepingin nanem wiji kautaman, iya kudu kita gladhi tanpa bosen.
Terjemahan bebas :
Orang yang terbiasa berlatih mengheningkan cipta kepada
focus yang “murni” pada saat hatinya tenang, setahap demi setahap dan dilalui
dengan tekun dan terus menerus, (kemudian) dikeranakan kebiasaan yang
dilatihnya, orang tersebut akan bisa mengheningkan cipta juga disaat hati kalut
dan bingung, dan ketika “bisa” (melakukan mengheningkan cipta disaat hati kalut
dan bingung) kemudian terbiasa yang disebabkan dilatih secara terus menerus,
maka orang tersebut akan “bisa” mengheningkan cipta dimana saja dan dalam
kondisi apa pun. Sebab semua “hal itu” (mengheningkan cipta) adalah sebuah
“cara” yang harus dilakukan berulang ulang dan dijadikan sebuah kebiasaan,
sebuah cara berlatih (dengan) bersungguh sungguh dan menghilangkan sebuah
“rasa” bosan (pada diri kita). Dengan cara tersebut semua hal yang tadinya
terasa sulit dan berat akan hilang/musnah. Kesemuanya itu tidak ada bedanya
kalau kita ingin berbuat sebuah hal yang “luhur” (baik), haruslah dengan cara
berlatih terus menerus menghilangkan rasa/perasaan bosan (pada diri kita).
– 17 –
Yen pinuju wayah wengi langite terang banjur tumengaa ing
tawang, kita bakal nyipati saperangane gelaring alam, abyoring langit kang
sumilak sinebaran lintang-lintang pating krelip, gedhe cilik kaya wis sengadi
tinata panggonane, angin sumilir ngobahake kekayonan lan gegodhongan kang
ngandhut aruming gandane kekembangan. Sing kaya mangkono sayekti bisa nuwuhake
rasa pangrasa tentrem ing ati kita. Nanging luwih saka iku, apa sing kaya
mangkono mau ora ngosikake kita tumrap kaluhuraning Kang Maha Agung kang wus
mranata sakabehing mau ?
Terjemahan bebas :
Ketika disaat malam hari kemudian kita melihat ka angkasa
yang terang (diterangi berbagai bintang), kita akan melihat sepenggal dari
penampak-an alam, gemerlap langit yang diterangi oleh banyaknya bintang bintang
yang berkedip, (bintang) besar (dan) (bintang) kecil seperti sudah tertata
tempatnya, angin (berhembus) sepoi sepoi menggerakkan pepohonan dan dedaunan
yang membawa harumnya bau berbagai macam bunga. Yang seperti itulah sebenarnya
yang bisa menimbulkan sebuah rasa perasaan yang tentram di dalam bathin kita.
Akan tetapi lebih dari itu, apa hal seperti itu tadi bisa menggerakkan kita
terhadap ke agungan Yang Maha Agung yang sudah menata segala hal tersebut ?
No comments:
Post a Comment